Mengatasi Virus Komputer Cara Saya

Cara-cara ini merupakan hasil pengalaman pribadi, dan Alhamdulillah sampai sejauh ini cukup ampuh buat saya, tiga tahun tidak pernah bermasalah dengan yang namanya virus komputer.. :D

1. Watch Out Your Fu*king Flash Disk
Karena hampir sebahagian besar virus yang beredar itu menggunakan media flashdisk, maka perhatikan flashdiskmu baik-baik, hati-hati ketika bergonta-ganti pasangan komputer.

Biasakan menggunakan flashdisk yang bersih dan rapi, maksudnya.., ketika drive flashdisk kamu dibuka, jangan terlalu banyak folder2 gitu lho, Maksimal lima folder sajalah.., hal ini untuk memudahkan mendeteksi jika ada file2 aneh tiba2 muncul di flashdisk kamu. lanjutt..

2. AntiVirusKu Linux
Benaran lho.. :D, hal ini masih bersangkutan dengan point yang pertama.., gini

Misalnya, awalnya kamu punya flashdisk yang bersih dari virus.., trus kamu maen-maen ke warnet, sewaktu tuh flashdisk dicolok-in , tiba2 muncul file2 atau direktori2 aneh.., nah kemugkinan besar kena virus tuh..

Disinilah guna nya linux, ketika kamu nyampe rumah, tuh flashdisk jangan langsung dibuka di windows, booting dulu lah ke linux kamu, cari file2 yang aneh di flashdisk kamu pake linux,  virus (99% yang beredar) khan ga jalan dilinux karena beda system operasinya..

Note: untuk yang satu  ini kamu harus install linux lah di komputer kamu, buat dual boot gt dech, cuma sediakan hardisk 5GB aja cukup koq.., selain itu kali aja ntar kamu bener2 tertarik linux, dan berpindah sistem operasi ke linux.. :D , virus lewat dah..
Saya menyarankan menggunakan linux Ubuntu untuk yang benar2 awam dengan linux.., karena penggunaannya yang cukup mudah, support dokumentasi yang bagus, serta komunitas yang besar..

3. Antivirus Di Windows Juga Perlu
Tidak saya pungkiri memang, menginstall antivirus masih diperlukan untuk pertahanan akhir apabila kita kurang waspada atau lengah.., saya rekomendasikan Kaspersky Anti Virus, saya cukup puas dengan kinerja antivirus yang satu ini.., cukup ampuh menurut saya..

Kesimpulanya,

- Menghindari itu lebih baik dari pada mengobati, so jangan sampai terinfeksi virus
- Kewaspadaan kita/user menjadi unsur paling penting untuk menghadapi virus
- Klo mau yang sangat relatif lebih aman.. pake linux dunk.. :D , safe from virus.. :)

Itu dulu dech.., mungkin bisa komen di bawah klo ada yang mo maki-maki didiskusikan.. :D

4 comments:

  1. Kalau saya langsung serahkan saja pada Kaspersky. Biar dia yang urus...hehehe

    ReplyDelete
  2. Hmm kalo aku mending make cara ini :
    http://thom-sharing.blogspot.com/2008/09/mencegah-virus-tanpa-antivirus.html

    Huehehehe..
    Sekalian promosi..

    kok templatenya gimanaaa gitu yah bro??
    Sibuk ngurusin yang WP ta?? kekekeke

    ReplyDelete
  3. @ OrangNdut
    He-eh.. itu cara terakhir saya.. :D

    @ pras
    he2.. bole jg tuh..

    @ thom
    emank templatenya gimana? :D

    ReplyDelete