Kenapa Menggunakan Linux itu Lebih Baik?

Saat ini hampir setiap orang sudah mengenal linux.., karena pemakaiannya yang sudah sangat luas tidak hanya untuk dijadikan sistem operasi server saja, tetapi tidak sedikit juga yang sudah menggunakannya sebagai sistem operasi desktop. Perkembangannya dari tahun-ketahuan sangat cepat sekali, mulai dari beraneka ragaman distro sampai dengan pengenalan sistem operasi linux dengan hardware-hardware baru yang semakin baik.

Tidak bisa dipungkiri memang.., untuk pindah dari kebiasaan menggunakan satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya agak terasa sulit (dari windows ke linux..), tp tidak ada yang sulit koq.., asalkan kita mau mencoba.., dan mencoba.. :)

Kenapa menggunakan Linux itu lebih baik?


Oopss.., intermezo dikit.. :)
Pernah seorang sahabat saya berkata begini: "pakai gratisan aja bangga.."

what?!, come on man.., windows mu juga barang barang bajakan..! :D ,

ahh.. sudahlah.., mungkin saya terlalu bersemanngat mengajaknya untuk mencoba sistem operasi yang masi jarang digunakannya.. :D

but, klo dia baca tulisan ini mungkin dia akan sedikit berubah pikiran (i hope so..)

Here they are why linux is better:

1. Lupakan Virus
Tidak ada jaminan memang klo linux ga ada virusnya.., tapi kenyataannya virus yang beredar hampir seluruhnya hanya berjalan di sistem operasi windows, so yang pake linux bisa tenang..

Bukti nyata ni.., selama 2 tahun terakhir saya sudah mulai menggunakan linux.., dalam 2 tahun itu juga saya hanya install ulang sistem operasi saya hanya 2 kali.. pada awal menggunakan dan saat hardisk saya rusak.. jadi memang harus diinstall ulang, berbeda dengan salah seorang teman saya yang selalu mengeluhkan harus install ulang windowsnya karena kena virus terus.., dalam dua tahun itu mungkin dia ada nge-install ulang sampai 10 kali bahkan lebih.. :D , sabar yah.. :)

2. Lupakan Driver
Maksudnya?, yup.., semua drivernya sudah include di kernelnya.., sekali install udah bisa langsung jalan.. asyik khan?. Memang si klo hardwarenya terlalu baru, mungkin belum dikenal.., tapi biasanya produsen hardwarenya juga menyediakan driver for linuxnya koq, ini jalan terakhir klo memang dari kernel linux anda belum menemukan driver yang cocok untuk hardware anda..

3. Kenapa harus pakai bajakan klo ada yang bebas bisa digunakan
Barang bebas untuk dipakai tidak berarti bisa disebut "barang gratisan" dengan kualitas rendah!, bahkan "barang gratisan" saja belum tentu lebih buruk daripada barang berbayar! :) . Begitulah dengan linux, anda bebas menggunakannya tanpa perlu lisensi..

referensi: http://www.whylinuxisbetter.net --> silahkan dibaca disini untuk lebih lanjut

Masih banyak sebenarnya alasan-alasan kenapa linux itu lebih baik (bisa anda baca di link di atas), "lebih baik" disini itu.. tidak berarti paling baik lho.., baik bagi saya belum tentu baik bagi anda.. :D

Satu lagi.., saya juga bukan orang yang anti windows koq.., windows juga bagus.., windows juga yang berjasa mengenalkan saya dengan internet, komputer dan teknologinya.., bahkan saya kenal linux dari windows.., belajar nya juga dari windows.., windows juga cukup berjasalah bagi saya.., thx to uncle gates.. :) . Dan untuk saat ini saya
juga belum bisa menggunakan linux secara penuh.., buat mengikuti pembelajaran di kampus.. masih ada beberapa sopwer yang harus menggunakan windows.., jadi sekarang pake dual boot gt dech.., linux ok (80%).. windows(20%) jg boleh.. :) , semoga suatu saat nanti bisa pindah total.. amieen.. :)

Hanya saja saya melihat ada beberapa alasan mengapa menggunakan sistem operasi Linux itu lebih baik, bagaimana menurut anda?, sudah mencoba?, wahh.. kayaknya malah sudah master nih.. :D

1 comment:

  1. mengapa saya suka linux (dan juga Mac OS X karena dari keluarga Unix) ?

    1. Stabil ~ liat tuh server yang pake RHEL, berapa taun sekali restartnya?

    2. Cantik ~ yang murah (saya tidak bilang gratis) aja bisa cantik, gak boros driver lagi

    3. Lengkap ~ driver gak ada? Linux bisa kok langsung mencarinya

    4. Langsung jalan ~ gak pake install apps apapun abis install linux bisa langsung dipake

    mungkin itu dulu ya yang saya bisa rasakan

    ReplyDelete