Jenis-jenis Web Hosting

Jika anda menjalankan website atau blog anda secara mandiri (self-host), tentunya anda tidak asing lagi dengan yang namanya web hosting, berikut beberapa jenis jasa web hosting yang umumnya dapat kita temukan di internet:

1. Shared Hosting

Pada satu server yang sama terdapat banyak site/blog. Hosting model ini biasanya lebih murah, tapi bila site/blog anda menggunakan terlalu banyak resources server biasanya akan disuspend agar tidak menggangu site lainnya.

Hosting ini cocok untuk site atau blog kelas menegah kebawah (started blog). Penyedia layanan shared hosting seperti: Hostgator, Dreamhost, MWN (di Indonesia)

2. Grid Hosting

Web hosting ini tidak banyak berbeda dengan shared hosting, yaitu menempatkan banyak site pada satu server yang sama, hanya saja jika servernya over load maka akan dibantu oleh server lain untuk menghandlenya, disebut dengan teknologi grid, sehingga site anda tidak akan mudah down seperti shared hosting. Hal ini menjadikan Grid hosting menjadi lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

Digunakan oleh site/blog yang menginginkan live site nya lebih stabil dan tidak mudah down, biasanya yang mempunyai traffik yang cukup besar.

3. Virtual Private Server (VPS)

VPS juga hampir sama dengan shared hosting, pada satu server yang sama terdapat beberapa site. Pada VPS site/blog yang ada pada server jauh lebih sedikit dibandingkan dengan shared hosting, selain itu setiap site atau account pada model VPS mempunyai account root sendiri, mempunyai resources sendiri seperti, memory, hardisk. Dengan VPS seakan-akan kita mempunyai server sendiri.

Harganya cukup mahal dibandingan kan dengan Shared ataupun Grid Hosting. Pengguna VPS juga biasanya membutuhkan pengalaman lebih dalam menghandle suatu server, atau hostingnya karena hosting model VPS ini lebih kompleks dibandingan Shared ataupun Grid hosting. Cocok untuk site/blog yang menginginkan performa server yang lebih powerfull.

4. Dedicated Server

Dedicated server merupakan full hosting account, tidak sama halnya dengan jenis hosting shared, grid ataupun VPS, pada hostingan dedicated server anda mempunyai fisikal server sendiri tanpa berbagi dengan user lainnya. Semuar resources yang ada menjadi hak anda.. baik processor, memory, hardisk dan lainnya. Hal ini menjadikan harganya sangat mahal jika dibandingkan dengan ketiga jenis web hosting lainnya.

Jenis Web Hosting ini cocok untuk site yang benar-benar menginginkan performa optimal (full feature). Biasanya digunakan oleh perusahan-perusahan besar.

Kesimpulan

Pemilihan web hosting mana yang akan kita gunakan?, kembali lagi kepada kita diri kita masing-masing, tentunya kita dapat melihat seberapa besar kebutuhan kita dan menyesuaikannya dengan budget dan jenis web hosting yang tepat.

4 comments:

  1. Maaf, ini cuma saran, seandainya bisa, apa tidak lebih baik kalau ditulis contoh-contohnya ? Kalau ada sih kekurangan dan kelebihan masing2 tipe tersebut ? :)

    ReplyDelete
  2. @ artikel kesehatan
    wah.. mas nugraha.. lama tak ketemu yah.. he2..

    makasih2 masukannya.. :D . Sebenarnya sedikit banyak diatas sudah ada kelebihan dan kekurangannya.. cuma contoh nya aja yang kurang.. he2.. (takut ntar dikirain promo hostingan lagi.. hihi.., walaupun emang iya.. dikit.. kwakwakwak..)

    trus karena blog ini memang temanya oret2an, jadi tulisannya memang cenderung singkat2, klo coretan khan biasanya cm tulisan2 singkat untuk pengingat tho? :D

    tp masi bisa discuss koq.. :) , skali lagi thx yah.. :D

    ReplyDelete
  3. waah pake Dreamhost mantap gue suka banget tuh , keren nich kayaknya sekeren yg punya blog :p

    ReplyDelete