Embedded Comment Form Blogger, How??

Komentar penting banget untuk berkomunikasi dengan pengunjug blog kita, secara default blogger, menyediakan komen dengan model pop-up, tentu saja ini kurang bagus dan mengganggu (menurut saya), lebih cakep model below of post seperti miliknya wordpress. Di blogger sebenarnya sudah ada si, bisa diaktifkan lewat http://draft.blogger.com, sudah banyak banget yang bahas ini, makanya saya juga pengen buat komen below of post seperti para blogger senior lainnya. seperti ini ni:

Gambar diatas miliknya oo-m, pinjem ya..

Tapi, Setelah ikutin tutorial disini dan situ, duh.., koq susah amir (amat lagi sibuk..) si?!, emank saya nya yang kathrok kali yah.., :( , udah coba beberapa kali tetap saja gagal, setelah diaktifkan comment below of post lewat draft blogger malah ga bisa komen, mungkin template saya yang ga support kali yah (alasan..), akhirnya putus asa balik ke pop-up lagi dech..

Nah, ternyata ada jalan lain untuk mewujudkan impian yang ga kesampaian itu. Setelah jalan-jalan sama uncle google, nemu cara untuk membuat komen below of post dengan third party (bener ga si??), yaitu dengan menggunakan service dari intensedebate. fitur-fiturnya lumayan lho, dah pake ajax lagi.., dan yang ga kalah penting free, hihihi..

Hmmm.., saya ga akan buat tutorial cara instalasinya, karena menurut saya anda-anda yang pengen pasang pasti bisa koq, gampang.., newbie aja bisa.. :D, tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan pada saat menginstall komentar service dari intensedebate ini, kita akan berhadapan pada dua hal yang sulit menurut saya, yaitu:
  • Kita bisa menginstall intensedebate pada seluruh postingan yang sudah ada, tetapi comment lama yang sudah ada sebelumnya akan hilang (ketutup-an tepatnya), ditimpa oleh intensedebate. Pengunjung tetap bisa komen pada semua postingan.
  • Atau kita bisa install hanya pada postingan terbaru saja, komen lama masih dapat dilihat, tetapi tidak bisa komen lagi, karena yang lama tidak terpasang intensedebate. Komentar hanya dapat dilakukan pada postingan-postingan terbaru setelah kita install intensedebate.
Saya lebih memilih pilihan kedua, karena eman akan komen-komen yang sudah ada (walaupun dikit..), oleh karena itu mohon maaf bila di Oret2anKu ga bisa komen lagi di postingan yang lawas.

Screenshoot:

Untuk contoh real-nya, silahkan kometar dibawah ini.., he2..

Update dikit :D : Bisa juga digunakan pada Wordpress dan TypePad, Baca sini..

0 comments:

Post a Comment