Ada Apa Dibalik Software Gratisan Microsoft??

Software Gratisan Microsoft Bidik 1 Miliar Mahasiswa!,

Begitulah judul dari salah satu berita di detikinet hari ini, dikatakan bahwa raksasa produsen software Microsoft akan membagikan software DreamSpark nya ke 1 miliar mahasiswa di Indonesia.

Wahh.., sebagai orang yang berpeluang mendapatkan software itu juga (saya masi mahasiswa), tentunya seneng dunk.., dapet barang gratis, yang mutunya kelas dunia dari produsen software kelas dunia.

Tapi, ada sesuatu yang mengganggu pikirin saya, kenapa yah dibagi-bagi gratis??, padahal software-software mereka itu khan mahal banget (bagi saya..), kita semua setuju.., ga ada yang gratis di dunia ini, kencing (maaf..) aja bayar..!

Berikut pertanyaan saya, dan saya jawab sendiri :D

Kenapa dibagi-bagi gratis??,

Menurut saya, hal tersebut merupakan usaha microsoft untuk mempertahankan eksistensi microsoft di dunia, agar mereka tetap bisa men-cengkramkan kuku monopoli bisnis software (terutama OS) mereka khususnya diIndonesia, ditengah gencarnya perkembangan berbagai sistem operasi open source yang dari tahun ke tahun semakin diminati oleh berbagai kalangan terutama mahasiswa. Dan yang ga kalah penting Operating System open source semakin mudah dioperasikan, tidak seperti dulu, dilihat sebelah mata karena pengoperasiannya yang sulit.

Koq bisa anda (spydeeyk) mengatakan begitu?,

Lihat saja software yang dibagi-bagikan, diantaranya Visual Studio 2008 (programming), Expression Studio, Expression Web (Web Design), Windows Server 2003 (OS), SQL Server, Game Studio 2.0 serta lainnya. Semua software yang dipakai ini tentunya akan membiasakan mahasiswa hingga mereka bekerja nanti dengan sistem atau lingkungan windows karena semua aplikasi diatas berjalan di atas sistem operasi windows. programming dengan windows (visual studio 2008) tentu saja aplikasi yang dihasilkan juga berjalannya sebahagian besar di windows juga.

Emanknya kenapa klo biasa dengan windows??,

Karena windows (sistem operasinya, tempat berjalannya software-software diatas) itu bayar..

Saya mampu beli.., ga masalah.., trus kenapa??

Nah ini dia masalahnya.. (menurut saya), sudah seharusnya kita berhemat.., negara ini sedang susah, dengan membeli produk-produk luar negeri, maka itu hanya menguntungkan negara luar saja, uang kita mengalir ke luar, seharusnya kita memikirkan bagaimana uang dari luar yang mengalir ke dalam (seperti para internet marketer yang berusaha memanen sedikit demi sedikit dollar dari luar.., hehehe..).

Banyak manfaat yang bisa diambil dengan menggunakan software berbasis open source. Untuk itulah, mari kita sama-sama mulai melirik aplikasi-aplikasi open source, mulailah mencoba berpindah dari software berbayar ke software berbasis open source, contoh: klo belum bisa pindah sistem operasinya ya pindah softwarenya dulu aja, seperti pengolah tulisan dulu aja, klo biasanya pakai microsoft word, mulailah coba gunakan OpenOffice, klo migrasi tolal.., lebih bagus lagi..

Saya Sistem Operasi Windowsnya ga beli koq.., gratis, tinggal crack ajah.., gampang khan??

Klo ada yang putih (alias halal) kenapa mesti yang abu-abu.., he2..

Jujur saja, saya juga termasuk orang yang belum bisa migrasi total ke open source, saya masih menggunakan windows, tetapi selain windows saya juga pake linux, dual OS gt dech.., hal ini dikarenakan masi banyak materi-materi kampusku yang pembelajarannya menggunakan OS windows (alasan thok!, hehe..), yah.., sekarang udah make 50-50 antara linux dan windows nya.., suatu saat insya allah pindah total, niat dulu khan.., amieen..

Ohh ya.., saya juga bukan orang yang meng-agung-agungkan suatu software atau OS, kalo boleh jujur lagi, saya ga bisa pungkiri klo windows berjasa besar buat saya pribadi, dengan windowslah saya pertama kali kenal komputer.., kenal internet, bisa blogging, bisa menulis tulisan ini, hanya saja saya melihat ada kebaikan atau manfaat yang banyak dari software open source.

Ahh.. this is just my opinion, CMIIW..

8 comments:

  1. si mikocok pasti sedang merasa terancam sama kehadiran software2 open source itu.. tapi saya pribadi masih pake software2 keluaran mereka, abis udah terbiasa sih :D

    ReplyDelete
  2. @ jimmy
    mikocok(he2), terancam??, Yup!, no doubt with that.., tp uang mereka masi banyak si.., jadi masi bisa bertahan cukup lama menurut saya.. :D, entahlah .. :)

    ReplyDelete
  3. ia harga mahal sih, tapi saya juga masih pake.

    ReplyDelete
  4. dikantor sekarang udah dipakein openoffice dan ubuntu semua, awalnya kesulitan juga sih tapi lama2 udah biasa juga,,hehehe

    ReplyDelete
  5. @ izandi
    me too.., hihihi..

    @ ika
    Siip!, /me juga ubuntu user lho.. :D

    ReplyDelete
  6. dooo...saya taunya microsoft hehehe ga ngerti yang laen2nyaaa...

    ReplyDelete
  7. dooo...saya taunya microsoft hehehe ga ngerti yang laen2nyaaa...

    ReplyDelete